Menumbuhkan Cinta Alam pada Generasi Muda melalui Agrowisata Strawberry Hill Krincing

Dewasa ini, perkembangan teknologi semakin pesat dan mempengaruhi setiap sendi kehidupan masyarakat. Era modern yang didominasi oleh teknologi ini menyebabkan banyak dari generasi muda kecanduan berselancar di internet sehingga menjadi acuh dengan alam dan lingkungan sekitar. Kecenderungan perilaku ini perlu segera dibenahi agar nantinya mereka dapat  memahami pentingnya alam sebagai Ibu yang telah melahirkan sumber kehidupan. Salah satu cara efektif untuk menanamkan kepedulian lingkungan terhadap generasi muda dengan cara yang menyenangkan dapat dilakukan melalui agrowisata. Agrowisata sendiri merupakan suatu tempat wisata yang mengusung konsep agrokompleks sebagai objek utamanya.

Salah satu tempat yang menarik untuk menumbuhkan rasa cinta untuk alam melalui agrowisata, yaitu Strawberry Hill Krincing di Kaliangkrik, Magelang. Agrowisata petik strawberry telah menjadi cara populer untuk mengajarkan kepada anak-anak tentang pentingnya pertanian dan lingkungan sebagai tempat untuk menumbuhkan makanan yang mereka konsumsi. Anak-anak dapat belajar tentang pertumbuhan tanaman mulai dari pentingnya air, sinar matahari, nutrisi yang dibutuhkan, sampai siklus tanaman. Di Strawberry Hill Krincing, anak-anak juga dapat belajar tentang keterampilan sosial, seperti kerjasama, tanggung jawab, dan penghargaan terhadap kerja keras petani. Melalui pengalaman ini, anak-anak dapat lebih menghargai kontribusi pertanian dalam kehidupan sehari-hari mereka. Secara berkelanjutan, pengalaman tersebut juga menjadi sarana ideal untuk menginspirasi, mendidik, dan meningkatkan minat generasi muda terhadap pertanian. 

Manfaat Mengajak Anak ke Strawberry Hill Krincing

  1. Memahami siklus tanaman strawberry di Agrowisata Strawberry Hill Krincing memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk mempelajari proses pertanian secara langsung. Mereka dapat melihat bagaimana tanaman strawberry ditanam, tumbuh, dan dipanen. Melalui pengalaman ini, anak-anak akan belajar menghargai usaha petani dalam merawat suatu tanaman. Anak-anak juga dapat memahami bagaimana suatu tumbuhan memproduksi makanan dengan cinta dan kerja keras petani.
  2. Anak-anak akan berinteraksi dengan alam dan merasakan keindahannya secara langsung. Mereka dapat mengamati dan belajar keanekaragaman hayati seperti belalang, semut, kupu-kupu, dan burung. Pengalaman tersebut dapat meningkatkan kesadaran anak-anak akan pentingnya menjaga keseimbangan ekosistem.
  3. Anak-anak dapat mengembangkan kemampuan motorik halus dengan mencoba memetik buah strawberry secara langsung di kebun. Memetik buah strawberry memerlukan gerakan halus dan presisi tangan, sehingga mereka akan belajar untuk meraba dan menemukan buah yang matang. Gerakan tersebut memerlukan koordinasi antara mata dan tangan agar anak-anak dapat mengambil buah dengan jari-jarinya tanpa merusak buah yang lain.
  4. Mengajak anak-anak untuk memetik buah strawberry bersama keluarga atau teman-teman dapat membantu meningkatkan keterampilan sosial. Hal ini merupakan kesempatan yang baik bagi anak-anak untuk belajar berinteraksi dengan orang lain. Mereka akan belajar cara bekerjasama, belajar berbagi, dan saling membantu dalam mencapai tujuan yang sama.

Agrowisata Hill Krincing memberikan pengalaman unik bagi anak-anak untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap alam. Pengalaman mengenal alam dengan cara yang menyenangkan dan edukatif ini dapat menginspirasi mereka untuk menjaga keseimbangan ekosistem. Mereka dapat belajar untuk memahami beragam manfaat yang diberikan buah-buahan. Agrowisata semacam ini merupakan investasi berharga agar generasi muda lebih peduli terhadap alam dan nantinya dapat mendukung pembangunan pertanian yang berkelanjutan.