TENTANG
MANGLI

VIDEO PROFIL DESA MANGLI

Tentang Mangli

Sejarah Mangli

Desa Mangli, berlokasi di kaki Gunung Sumbing dengan luas wilayah 233,140 ha, memiliki sejarah nama yang berasal dari Pohon Mangli. Penduduknya mayoritas berprofesi sebagai petani, peternak, pedagang, dan kegiatan pengelolaan wisata. Pariwisata di Desa Mangli bertumpu pada konsep alam dan agrowisata dengan keindahan alam Desa Mangli yang dikombinasikan dengan keramahan penduduknya, menciptakan suasana hangat selama perjalanan menuju tempat wisata.

Tentang Mangli

Demografi Desa

Desa Mangli secara administratif termasuk dalam wilayah Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, dengan jarak 11 km dari kantor kecamatan. Sementara jarak Desa Mangli ke Kabupaten Magelang sekitar 35 km dan waktu tempuh kira-kira 1 jam ke Kabupaten Magelang. Desa Mangli terdiri dari tiga dusun, yaitu Mangli, Bojong, dan Dadapan.

Tentang Mangli

Potensi Mangli

Desa Mangli masih menjunjung tinggi budaya seperti Rejepan dan Saparan yang merupakan dua tradisi budaya di Jawa untuk perayaan bulan-bulan tertentu dalam kalender Hijriyah dan Jawa. Selain itu, Desa Mangli juga memiliki potensi seni budaya seperti Tari Topeng Ireng, Brondut, dan Dayakan, yang diadakan dalam perayaan-perayaan penting seperti pernikahan, khitanan, dan syukuran. Di bidang ekonomi, potensi Desa Mangli mencakup hasil pertanian seperti cabe, daun bawang, bawang putih, dan brokoli.